My humble opinions

Bagi saya internet merupakan alternative termudah untuk mencari informasi yang saya inginkan. Untuk mencari informasi saya tinggal menuju ke mesin pencari informasi (search engine) favorit saya yaitu Google yang beralamat pada www.google.com, lalu saya masukkan apa yang ingin saya cari ke dalam text box lalu klik tombol google search. Google akan secara otomatis mencari informasi yang saya inginkan dan menampilkan hasil pencariannya dalam hitungan detik kepada saya.

Seringkali hasil pencarian dari Google tidak sesuai dengan harapan saya, umumnya hasil pencarian akan menghasilkan jutaan halaman web sehingga sering bukannya search engine membantu dalam mencari tapi malah buat pusing tujuh keliling.

Ini salah satu ilmu yang saya peroleh ketika saya belajar waktu kuliah dari Dosen yang saya kagumi yaitu Dr. Richardus Eko Indrajit. Waktu itu kami sekelas (20 orang) berlomba untuk mencari informasi yang diinginkan oleh beliau dalam waktu yang sesingkat-singkatnya. Setelah lomba tersebut beliau membagi ilmu yang sangat penting mengenai bagaimanakah mencari informasi yang efektif di internet.

Adapun isi dari blog saya kali ini merangkum secara singkat apa yg ada di buku yang dikeluarkan oleh beliau dengan judul “TEKNIK SEARCHING EFEKTIF DI INTERNET” keluaran elexmedia komputindo (silahkan beli di toko buku terdekat yah)

Untuk mencari informasi secara efektif di internet, cara yang paling baik adalah dengan melakukan filterisasi atas informasi yang akan kita cari dengan cara-cara sebagai berikut:

1. Filterisasi dengan simbol

Simbol Penjelasan
Teknik mencari  informasi dengan kata kunci yang tidak mau menampilkan informasi tertentu (informasi setelah tanda minus). Contoh: Indonesia -raya 

Artinya: mesin pencari akan menampilkan hasil pencarian yang mengandung kata Indonesia yang tidak terdapat kata raya didalamnya.

“ “ Teknik mencari  informasi dengan kata kunci yang persis sama sesuai dengan yang didalam tanda kutip Contoh: “Indonesia raya” 

Artinya: mesin pencari akan menampilkan hasil pencarian yang mengandung kata Indonesia Raya. Jika terdapat sebuah informasi yang mengandung salah satu atau dua kata yang ada, maka yang bersangkutan tidak akan ditampilkan

OR Teknik mencari informasi yang mengandung kata-kataContoh: Indonesia OR Raya 

Artinya: Sama artinya dengan fungsi spasi ketika mencari di search engine. Jadi à Indonesia Or Raya  = Indonesia Raya, yang berarti mesin pencari akan menampilkan hasil pencarian yang mengandung kata Indonesia atau yang mengandung kata Raya atau keduanya.

2. Filterisasi dengan advance searching

  • Host searching

Teknik mencari informasi  yang membatasi hanya pada host/website tertentu

Contoh: Indonesia Raya site:kompas.com

Artinya: mesin pencari akan menampilkan hasil pencarian yang mengandung kata Indonesia atau raya di website kompas.com

  • File type searching

Teknik mencari informasi yang membatasi berdasarkan tipe file tertentu

Contoh: Indonesia Raya filetype:PDF

Artinya: mesin pencari akan menampilkan hasil pencarian yang mengandung kata Indonesia atau raya dengan tipe file PDF.

Adapun tipe file yang didukung oleh google.com adalah sebagai berikut:

  • Adobe Acrobat PDF (.pdf)
  • Adobe Postscrip (.ps)
  • Autodesk DWF (.dwf)
  • Google earth KML (.kml)
  • Google earth KMZ (.kmz)
  • Microsoft Excel (.xls, .xlsx)
  • Microsoft Power Point (.ppt, .pptx)
  • Microsoft Word (.doc, .docx)
  • Rich Text Format (.rtf)
  • Shockwave flash (.swf)

Anda bisa menggabungkan filterisasi search diatas untuk membantu anda dalam melakukan filterisasi informasi yang diinginkan.

Semoga sekilas info diatas ini bisa membantu anda dalam mencari informasi secara efektif di internet

Referensi

  1. Indrajit, Richardus Eko. 2002. Teknik Searching Efektif Internet. Jakarta: Elex-Media Komputindo
  2. http://www.google.com/support/websearch/bin/answer.py?answer=136861
  3. http://www.google.com/advanced_search?hl=en

Comments on: "Mencari informasi secara efektif di internet" (2)

  1. Just know it, nice info bro!

Leave a comment